Jumat, 14 Maret 2014

Cara Aman menggunakan Internet Banking

Pembayaran dalam jual beli online saat ini mempunyai variasi yang banyak, mulai dari cash on delivery (COD), kartu kredit maupun transfer uang melalui bank. Saat ini transfer melalui rekening bank merupakan salah satu cara yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Salah satu jenis transfer bank adalah dengan Internet Banking. Internet bangking merupakan kemudahan dalam bertransfer yang disedikan pihak bank dengan penggunakan yang mudah sehingga client bank tersebut dapat melakukan pemantauan atas rekeningnya dimanapun dia berapa.

Tetapi perlu untuk diperhatikan akan bahaya kejahatan internet khususnya pada Internet Banking. Berikut ini adalah cara amanmenggunakan Internet Banking dalam keseharian :

Perhatikan alamat URL website
Ketika anda ingin membuka halaman Internet Banking, Pastikan website yang anda kunjungi adalah benar-benar asli. Jangan mudah menklik link dari sumber website lain untuk masuk di halaman Internet Banking anda. Lebih amannya anda mengetik secara manual. Biasanya website perbankan telah dilindungi oleh SSL dengan ditandai HTTPS

Gunakan Komputer pribadi
Dalam mengakses informasi rekening anda atau traksaksi yang  anda lakukan pakailah Komputer pribadi anda, jangan sekali-kali melakukan transaksi melalui warnet atau komputer umum yang banyak digunakan oleh orang lain. Hal tersebut akan memperkecil pencurian data anda oleh orang lain.

Buat PIN yang kuat
Buatlah PIN Internet banking anda dengan kombinasi huruf, angka dan symbol agar kekuatan PIN anda susah untuk ditembus. Pembuatan password yang kuat juga berlaku untuk semua akun internet.

Ganti PIN secara berkala
 Biasanya pihak bank merekomendasikan anda untuk mengganti PIN anda secara berkala agar keamanan PIN lebih aman dan terjaga.

Hubungi Customer Service jika lupa PIN anda
Jangan panik jika suatu saat anda lupa PIN anda. Segera hubungi Customer Service untuk membantu mereset PIN anda. Anda juga bisa datang langsung dan bertanya kepada petugas Bank untuk mengatasi masalah anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Seo Blogger Templates