Jumat, 14 Maret 2014

Cara Mencegah Virus Menginfeksi Komputer

Virus merupakan momok yang mengakutkan bagi banyak pengguna komputer. Virus dengan mudah masuk ke system komputer melalui banyak cara. Saat ini virus banyak berkembang beriringan dengan kemajuan teknologi.

Ada beberapa cara untuk mencegah virus menginfeksi computer antara lain

Install Antivirus
Anti virus merupakan langkah awal agar computer tetap terlindungi oleh virus yang masuk. Ada banyak jenis antivirus local maupun luar yang bisa anda gunakan. Anti virus akan tidak terlalu berguna jika databasenya tidak diperbaharui atau diupdate. Jadi Pastikan anda selalu melakukan update baik otomatis mampun manual agar anti virus tetap up to date.

Pasang Deep Freeze
Deep Freeze merupakan salah satu program yang dapat membekukan sistem di komputer, apapun data atau bahkan virus yang masuk di sistem akan hilang dan kembali keadaan asal jika komputer sudah direstart. Pastikan hanya Drive C (partisi sistem) yang diproteksi dengan deepfreeze agar data lainnya dapat disimpan di partisi lainnya.

Jangan Asal Membuka Link di Internet
Virus juga banyak yang penyebarannya melalui internet. Banyak website yang didalamnya tersimpan banyak malware yang dapat menginfeksi computer kita. Maka berhati-hatilah jangan asal membuka link di internet kalau tidak jelas sumbernya.

Jangan Asal Mendownload
Jangan pula asal mendownload software di internet jika anda merasa website yang anda kunjungi tidak benar.

Buka Folder melalui Windows explorer
Ketika ingin mengambil data atau transfer data melalui flashdisk, jangan membukanya melalui halaman utama dengan cara double click karena dapat memungkinkan virus masuk dari flashdisk tersebut. Bukalah folder melalui windows explorer yang ada di sebelah kiri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Seo Blogger Templates